Seni Merangkai Mimpi : Bontang..

Libur setelah uas, malah gak tau mau ngapain.. malah bingung milih kegiatan apa yg enak dilakuin tanpa capek , tanpa ngeluarin duit, tanpa jalan kaki,. hal yg gue lakuin pertama kali saat bangun tidur adalah berhayal. oke, basa basi ini gue rasa gak penting.. to the point aja ya,.

gue punya harapan, satu hari ini gue akan tinggal di Bontang (Kalimantan timur).. Kenapa Bontang? 
ya, kenapa Bontang..? Entahlah,. sejak pertama ngeliat daerah ini cuma 5 menit di Trans 7, gue langsung fall in love sama kota ini,. ini ada sedikit ulasan tentang bontang yg gue search di google,.

Kota Bontang adalah sebuah kota di provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Kota ini terletak sekitar 120 kilometer dari Kota Samarinda, berbatasan langsung dengan Kabupaten Kutai Timur di utara dan barat, Kabupaten Kutai Kartanegara di selatan dan Selat Makassar di timur. Letak geografisnya 0.137° LU dan 117.5° BT.

Di kota ini berdiri tiga perusahaan besar di bidang yang berbeda-beda, Badak NGL (gas alam), Pupuk Kalimantan Timur (pupukamoniak) dan Indominco Mandiri (batubara) serta memiliki kawasan industri petrokimia yang bernama Kaltim Industrial Estate. Kota Bontang sendiri merupakan kota yang berorientasikan di bidang industri, jasa serta perdagangan.

Kota Bontang selain terkenal karena ada tiga perusahaan itu, juga karena adanya keberadaan tim sepak bola, Bontang FC (dulu Bontang PKT) yang bermain di Superliga, Marching Band Bontang PKT binaan Pupuk Kalimantan Timur dan Marching Band Eroh Dahana Patra binaan Badak NGL. Sementara itu, studio siaran televisi lokal, LNGTV dan PKTV juga terletak di Kota Bontang.

Kota Bontang memiliki dua sekolah besar dan ternama, yaitu VIDATRA yang dibina oleh Badak NGL dan YPK binaan Pupuk Kalimantan Timur. Kantor pengurus Taman Nasional Kutai yang berada di utara Kota Bontang, juga berada di kawasan ini.

Kota Bontang memiliki bandara yang dinamakan Bandar Udara Bontang. Semboyan Kota Bontang adalah "Kota TAMAN": "Tertib, Agamais, Mandiri, Aman dan Nyaman".

Peta Letak Bontang
Dari tiga perusahaan besar itulah tulang punggung perkembangan perekonomian kota ini. Keberadaan perusahaan raksasa itu punya andil dalam meningkatkan kegiatan perdagangan dengan munculnya kebutuhan baru akan komoditas keperluan hidup sehari-hari. Di sektor pariwisata, Wilayah pesisir dengan pantai yang bersih, landai, berpasir putih bisa menjadi obyek wisata yang potensial. 

Bontang Kuala misalnya, selain menarik wisatawan karena perkampungan nelayan di atas laut, juga tengah dikembangkan sebagai obyek wisata. Kota ini memiliki potensi menjadi kota pariwisata dengan beberapa tempat andalan, Pulau Beras Basah, Pulau Segajah serta Taman Nasional Kutai yang berdampingan dengan wilayah Kutai Timur. Potensi budidaya perikanan laut dengan komoditas unggulan berupa udang, kepiting, ikan kerapu, udang lobster, kakap merah, teripang, rumput laut dan tiram banyak diminta oleh pasar luar negeri...

Keterangan di atas itu cuma sebagian kecil dari informasi ttg bontang,. diatas juga disebutin kelebihan kota bontang yg jadi slah satu harapan gue dateng kesana. gue ingin berwirausaha. 
usaha apa aja,. dengan tenaga gue dan modal gue sendiri. banyak yg bilang, orang kalimantan itu kaya-kaya. harga barang di kalimantan bisa 3x harga jakarta.. menggiurkan bukan?

tapi tujuan utama gue bukan itu, 
5 tahun di UNJ gue digodok jadi guru dan gue gak akan nyia-nyiain itu semua.. gue pengen ke bontang, gue pengen mengajar disana. bukan di daerah industri, bukan di sekolah paling ternama di bontang, bukan di tempat orang2 kaya itu tinggal. tapi di daerah nelayan. di daerah yg sulit namun aroma semangat nya begitu kental.. ahh bisa nangis kalo membayangkan ini lagi..

yg belajar dg anak2 daerah yg disebut kampung nelayan,. perkampungannya di atas air, yg datang tanpa tas tapi hanya dengan sebuah buku dan pensil ditangan..
bontang kota yg hebat, namun pemerataan pendidikan bagi orang2 pinggiran amat tidak terasa. disitu lah gue ingin ada..
mungkin ini yg akan gue lakuin dsana.. :
> membangun tempat tinggal---->berdagang di kota---->beli  kendaraan buat mobilitas gue--->mengajar di daerah yg pendidikannya sangat minim dari keuntungan hasil berdagang--->membangun sekolah untuk anak2 yg sangat mau tapi tak mampu,. selesai.

lalu gue akan pergi ke tempat lain lagi yg bikin gue jatuh hati, lalu melakukan proses hidup yg sama lagi. emang semua ini gak akan gampang. tapi bermimpi itu penting kan, teman? semoga ini bisa terjadi. Amin. 

Komentar

  1. saya kebetulan merupakan warga bontang (yang tak sengaja) membaca blog anda...
    Ah, sungguh terharu sekali saya mendengar ulasan anda tentang bontang.
    Walaupun sekarang saya juga sedang menjalani kuliah kedokteran di jakarta, entah kenapa pada akhirnya saya ingin kembali bernaung dan mengabdi di bontang. Bontang tidak sebesar jakarta, mungkin jakarta selatan sudah sangat jauh lebih besar daripada bontang dan untuk menuju bontang anda juga harus "menikmati" perjalanan selama 6 jam melewati hutan dan perbukitan. Namun, saat anda sudah menginjakkan kaki di bontang, saya jamin, anda tidak akan ingin beranjak dari kota mungil nan kaya raya itu.
    Pantainya, keramahan dan keberagaman sukunya, keharmonisan umat beragamanya, dan hal lain yang tidak akan anda temui di indonesia belahan manapun.
    Sekali lagi, terimakasih atas ulasan bontang yang sangat indah ini.

    BalasHapus
  2. salam kenal salah satu warga bontang,
    terimakasih telah mampir dan membaca blog saya.
    terimakasih jg telah memuji tulisan saya yang sederhana ini.
    dan terimakasih jg telah menguatkan salah satu mimpi saya ini. :)

    BalasHapus

Posting Komentar