Surat Elektronik Buat Mr. Charming #2

Refleksi pertama yg ingin saya sampaikan mengenai penampilan. ya, ini tantangan lagi. dan terasa agak canggung berpakaian rapi seperti kemarin. tapi saya menyadari, ini merupakan bentuk latihan supaya nanti tidak alergi. aneh, saya merasa ini adalah suatu keindahan yang disembunyikan anak-anak seni. Menurut saya, berpakaian rapi itu indah. dan keindahan merupakan hal penting dalam seni. tapi kenyataan yang ada, berpakaian rapi ( kemeja, rok, celana jins tak sobek, celana bahan) malah menjadi bahan ledekan di jurusan seni itu sendiri. aneh bukan..?

Memang keintelektualan seseorang tidak tergantung dengan apa yang dia pakai dalam penampilannya. tapi paling tidak, sebagai manusia dewasa dan seorang calon guru, pencitraan baik di mata publik harusnya diciptakan dan dijaga sejak saat ini. tidak munafik, sayapun kerap kuliah dengan kaos dan jins. tapi sejauh ini saya terus berupaya utk konsisten dg kerapian saya.

Untuk refleksi materi yang didapat, menurut saya, reinforcement bukan hal yang sulit untuk dipahami. "Reinforcement" (yg penyebutannya agak susah) hanya sebuah istilah lain dari imbalan positif kepada siswa yang telah berlaku positif agar termotivasi dan memungkinkan terulangnya kembali perilaku positif tersebut. dengan pilihan penggunaan jenis reinforcement yg tepat, dan dalam waktu yang tepat, seorang guru pasti akan berhasil membangun motivasi siswanya untuk bertingkah laku baik sesuai dg arti dari reinforcement itu sendiri : menguatkan.

Kekurangan yg ada pada guru-guru sekarang (dilihat dari pengalaman saya terakhir sekolah), jarang nya digunakan fasilitas penguatan itu. sehingga mengakibatkan kurangnya atensi sebagian siswa kepada guru-guru yg enggan ber-reinforcement. Semoga saya mampu memanfaatkan ini sebaik mungkin.

Sekian dari saya. makasiihh.. :)

Komentar