Surat Elektronik Buat Mr. Charming #4

Kemampuan bertanya dasar

Mempelajari ini tidak begitu sulit, tapi juga tidak begitu mudah. ada pantangan2 yang sangat perlu diperhatikan, yang mana sebenarnya pantangan2 ini sudah jadi kebiasaan dan sikap spontan dalam berinteraksi. jadi, butuh pengendalian diri yang baik buat pantangan2 tersebut.

Namanya bertanya dasar, berarti melontarkan pertanyaan2 yang sifatnya mudah dan cenderung dijawab mengandalkan ingatan. kalo sudah menguasai materi dengan baik, pasti dengan mudah pula memberikan pertanyaan yang sesuai dengan komponennya, diantaranya pemusatan, penyebaran, dan peggiliran.

Jawaban dari bertanya dasar tidak menuntut penjelasan. lebih cenderung dibentuk oleh satu atau dua kata saja. singkat. disini, seorang guru tidak hanya harus mampu mengendalikan diri terhadap pantangan2 yang ada, tapi juga harus tau tetang prinsip2 dan kmponen2 yang menunjang kemampuan bertanya dasar sehingga tujuan dari kemampuan ini dapat tercapai.

Kelemahan saya disini adalah kadang masih keliru membedakan mana yang termasuk pertanyaan penyebaran, dan mana yang termasuk penggiliran.
 
Semoga ini menjadi batu asahan yang bisa mempertajam skill saya untuk kedepannya. sekian. Maaf ya pak telat kirim.. hehe

Komentar