Surat Elektronik (lagi) Buat Mr. Charming #5

Opening dan Closing Skills.

Kemampuan yang satu ini seperti mengajak guru bermain cerdas cermat. guru dituntut memiliki pilihan tepat dalam menggiring siswanya memasuki topik baru yang akan dipelajari. opening dengan cara yang tak biasa. menggiring dengan tidak hanya secara verbal, tapi juga secara gestural dan visual. waw..

Opening = menyepakati 'aturan main'. memang menyenangkan punya guru yang tidak main hakim sendiri. apalagi opening yang dilakukan memiliki dampak langsung kepada siswa : menggugah perhatian dan membangkitkan motivasi.

Sekarang, tantangannya sudah naik kelas. dari variating skills, bertanya dasar, dan kini opening-closing. kemampuan ini seperti paket komplit, dimana di dalamnya terdapat kemampuan-kemampuan lain yang telah dipelajari dari awal. misalnya, ada reinforcement pada tahap membangkitkan motivasi siswa, dan pada tahap evaluasi. variating skills bisa dilakukan untuk menggugah perhatian siswa, dan bertanya dasar saat opening dan closing.
 
Kelemahannya, mungkin butuh waktu berpikir panjang (buat saya khususnya) bagaimana sebaiknya opening dilakukan, supaya tujuan yang diharapkan bisa tercapai. Semoga semoga semoga saya bisa jadi calon guru yang termasuk memiliki paket komplit. amin.
 
Oke deh pak. sekian. (-__-)

Komentar