Si 'Gue Kecil' :')


Dulu, waktu masih kecil, gue sangat senang dengan Februari. Menghitung mundur hari kelahiran gue tepat 28 hari setelah masuk Februari. karena gue tau, pasti di hari itu akan ada banyak kado bertebaran di atas tempat tidur gue pas gue pulang sekolah. dari nyokap, bokap, kaka2 gue, bahkan uwa gue. yah namanya juga anak kecil. kalo ada barang baru (yg berguna ato ngga) pasti seneng. dan malamnya mereka -yg memberi kado- akan duduk dihadapan gue melihat gue membuka satu per satu kado.. itu momen yg menyenangkan buat 'gue kecil'..

Gue inget, nyokap pernah ngasih gue boneka mini mouse super gede buat jdi tmen maen dan tidur gue. waktu itu gue masih SD. dan badan gue yg kurus kering dulu ga sanggup gendong lama2 itu boneka. well akhirnya boneka itu nyokap simpen dilemari dan jarang gue mainin.. kado itu jadi barang yg jarang gue sentuh smpe skarang..

Dulu juga gue pernah ngerengek ke bokap supaya ultah gue yg ke 11 (klo ga salah) dirayain. gue dulu iri, karna ngeliat poto2 ultah kaka2 gue yg pernah dirayain di sekolahnya (at least sekali). dulu 'gue kecil' ga ngerti arti pengorbanan. demi 'gue kecil', dan demi jadi ayah yg adil, bokap ngajak gue ke Sizler toko kue buat beli kue tart coklat dan membolehkan gue memilih sendiri kue yg gue mau. gue milih kue yg ada suasana taman bermain + boneka beruang dan balon2 kecil di atasnya.. ukurannya cukup besar. dan mungkin harganya juga besar. padahal saat itu bokap gue cuma seorang supir pribadi. tapi dia tetep berusaha menuhin harapan gue di hari ultah gue... *gue ngelap air mata dulu ya..*

Sampe dirumah 'gue kecil' girang. dirumah udah ada tumpukkan kado di atas meja makan.. ada nenek gue yg udah rapih pakai kebaya +slendang betawi nya. kaka2 gue, nyokap, uwa gue, dan Abah (kakek) gue. Abah yg paling rapi hari itu. demi gue kecil -cucu yg sgt jarang diajak main- ini beliau make baju safarinya lengkap sama peci dan sorban. beliau membacakan sbait doa dlm bahasa arab yg gue ga ngerti. Meskipun ga dirayain di sekolah atau gede-gedean, tapi, dg kumpulnya keluarga gue hari itu, udah jadi kado paling manis saat gue nginjak 11 tahun.. :')

Oiya, ada hal yg pernah bikin gue sedih bgt tentang kado juga. uwa gue, (kaka dari nyokap) hampir tiap tahun ngasih gue alat tulis saat ultah. entah itu buku, perlengkapan tulis dll yg berhubungan sama ATK. mungkin karena gue udah duduk di bangku SD, jadi uwa berpikir ttg kebutuhan gue di sekolah. suatu kali saat ultah dan membuka kado dari uwa, 'gue kecil' -yg ga ngerti ttg pengorbanan ini- sedikit mengeluh ttg kado yg uwa kasih. isinya sama. sepaket buku tulis dan koker berisi pensil pulpen dan penghapus. gue bilang gue pengen boneka dari dia. saat itu uwa yg sabar menghibur gue dg janji akan ngebeliin boneka.

dan bener aja, sminggu kemudian uwa ngasih gue kado boneka lelaki yang berpakaian kaya penggembala.. ukurannya hampir setinggi gue. 'gue kecil' seneng dg 'temen baru' pemberian uwa,. sampe akhirnya gue tau sbenernya keadaan keuangan uwa sdg ga baik saat ngebeliin gue boneka itu.. kalo inget hal ini selalu sesek dada gue.. rasanya 'gue kecil' sangat bodoh bgt karena terlalu bnyak meminta tapi gak banyak berterimakasih.. setelah hal ini terjadi, gue selalu main sm bonek itu sampe matanya copot dan aus di amakn waktu. :') gue ga pernah lagi milih2 kado pemberian uwa atau dari siapapun juga. 

'gue kecil' telah banyak belajar bahwa sebenarnya inti dari sebuah ulangtahun bukanlah kado-kado yg kita terima, tapi ada banyak kebahagiaan diluar itu semua : sekumpulan doa yang menyambut kita menjajaki usia. sekumpulan senyuman yg mengantar kita menerima kesempatan hidup lebih lama, dan setumpuk harapan yang diletakkan di diri kita yang menjadi bagian doa mereka..


'Gue Kecil' dan gue yang saat ini cuma mau bilang, makasih banyak buat semua kasih sayang yg pernah ada buat gue, baik gue sadarin atau ngga..

Komentar