Yes. Im a Teacher :)

Tiba-tiba pengen nge-share lagi tentang cita-cita gue menjadi guru. how i love to teach!! bahasa inggrisnya bener gak yah.. bodo deh. hehe..

Sometime, ada aja yg suka nanya, "Ratih kuliah dimana..? jurusan apa..?". Dengan tulus dan ikhlas gue jawab "di U eN Jeh.. ngambil seni rupa..". Dan dengan sangat hapal dilaog selanjutnya pasti seperti ini, "Wah jadi guru dong yah, ngegambar-gambar doang mah gampang ya, Ratih kan jago gambar.." .

Sampe di sini, sejujurnya gue males nerusin dialog kaya gini.

Apalagi beberapa orang ada aja yang kadang menambahkan percakapan kurang penting seperti, "Kenapa ga ngambil ekonomi, atau apa gitu, Ratih kan pinter.." ,,  *buru buru nutup telpon* - -

FYI, seni itu bukan hal yang gampang. dan kepinteran itu tidak hanya dibutuhkan untuk hal-hal berbau ekonomi de el el itu aja. Apapun itu, pasti butuh niat dan kepinteran. Pun pilihan yg gue jatuhkan saat ini juga atas dasar niat dan kepinteran. Gila aja kalo jadi guru ga pinter. *Nyolot* 

haha, cooling down..

Well, sebenernya cita-cita gue yg satu ini terbentuk berkat guru-guru gue juga. Berkat pengabdian beliau-beliau yang gak mandang bulu. Yang dengan sangat berhasil merubah perilaku gue -sebagai muridnya- hingga jadi seperti ini. Mereka bukan sekedar Pengajar, tapi juga Pendidik.

loh, emang apa bedanya mengajar dan mendidik. Jelas Beda. Sangat Beda.

Mengajar itu sekedar memberikan pengetahuan, hingga si murid dari yang tidak tau, menjadi tau. yang tidak bisa, menjadi bisa. sedangkan mendidik adalah sebuah usaha sadar yang tidak hanya membuat muridnya menjadi tau dan bisa, tapi juga merubah PERILAKU muridnya ke arah yg lebih baik. awsome bukan? 

Jujur aja, sampe detik ini, gue masih dalam tahap belajar untuk menjadi pendidik. Belajar untuk memberi pengaruh positif sama murid gue, belajar menjadi teman baik buat murid gue. See, gak gampang bukan untuk menjadi seorang pahlawan yg kita sebut Guru..?

Dan tadi, beberapa menit yang lalu, gue baca di twitter, tentang anak-anak SMA yg merayakan kelulusan mereka dengan tawuran. (beritanya disini) dan maaf, menurut gue, itu segoblok-gobloknya tingkah. (karena masih calon guru, boleh ya ngomong goblok? janji deh ini terakhir kalinya ngomong goblok..).

Sedih aja denger kenyataan kaya gitu. Mereka (si Tawuraners itu) sudah menunjukkan kalo mereka bukan anak2 yg terpelajar dan terdidik. Bukan bukan, gue ga nyalahin guru2nya. gue cuma miris aja ngeliat tingkah si murid yg telah meluluhlantakkan setiap jerih payah guru-guru mereka setiap hari untuk membangun mereka menjadi lebih baik.. Ironis.

Sekali lagi, gue cuma pgn crita aja kok, ga ada maksud apa-apa. eh ada deh maksudnya, supaya kita lebih menghargai guru-guru kita dan calon guru juga. hueehehehe...

oiya, sejauh gue kuliah (kira-kira udah jalan 4 tahun) gue sempet jadi pengajar juga. pengajar privat lebih tepatnya . beberapa tahun gue diberi kesempatan buat mengenal beberapa anak yg punya karakter berbeda beda.. dan menurut gue, itu menyenangkan.. sedikit gue ulas mereka ya :D 

1. Alexander Kyo Zandi (Kyo). murid pertama gue. kelas 2 SD. rumahnya di Lebak Bulus. ganteng bgt. hahahaha. Anaknya pendiam, dan perhatian. sepanjang proses pembelajaran paling suka ngomongin tentang games, apalagi GTA (Grand Thief Auto). untungnya gue pernah beberapa kali mainin games ini di PSP temen gue, jadi yaa lumayan bisa ngimbangin dia hehehe. Waktu itu gue ngajar pelajaran SD, bukan ngajar Seni. tapi beberapa kali juga dia gue ajarin dia menggambar. dan dia terlihat antusias waktu gue ngajarin dia menggambar Woody Woodpacker. Waktu itu gue ngajar dia cuma 3 hari, sbg pengganti. mungkin sekarang dia udah kelas 4 SD dan jadi lebih ganteng. :'D

2. Dini Aryanti (Dini). Cantik dan Pemalu. awal-awal pertemuan susah bgt ngedeketin dia. tapi kelamaan malah jadi kaya temen curhat :) how i miss her so much. gue juga ngajar pelajaran SD waktu itu. dia kelas 6. gue disana ngebantu dia belajar buat persiapan kelulusan. dan yg paling gue seneng waktu sma dy adalah gue bukan kaya guru di rumah itu, tapi lebih kerasa kaya kaka.

3) Abang. ah rasanya gue terlalu sering mencerikatan abang. liat di postingan sebelom2nya aja yaa :))

4) Shelvi. kelas 2 SMA. Cantik. Supel. Tegas. Ambisius. Good Girl :) dia sangat ingin belajar sketsa dan perspektif. dia sangat ingin jadi arsitek. ambisi dia yg kuat nguatin gue sekarang untuk kembali mempelajari gambar perspektif. gue ketemu dia tiap satpu atau minggu yah pokonya diantara 2 hari weekend itu deh. :)

Semoga semua yg gue ajarin itu bermanfaat buat mereka. amin. dan sekarang gue harus berangkat ngajar ke rumah salah 1 murid gue itu. sekian dulu ah curhatnya. yoks!







Komentar