Di Wedi Ombo

Untuk Biya, anakku,
Untuk Tiket.com, sarana menjelajah yang memudahkan setiap orang (Tiket.com),
Dan untuk kalian yang memaknai kehidupan lewat perjalanan.

-
Satu-satunya kemewahan yang bisa kuwariskan kepadamu, anakku, adalah bersyukur atas segala karya luar biasa Tuhan yang menenangkan hati kita. Hidup mungkin tak melulu tentang mengejar kesuksesan materi, tapi maknailah segala kegagalan sebagai perjalanan yang kan membawamu pada rasa baru bernama bahagia: sederhana.


Aku selalu ingin memberitahumu tentang kota ini, Biya. Jogja. Kaki-kaki kecilmu kutuntun mengenal semua. Tentang segala harta yang masih diendapnya. Ombak. Pasir. Deru angin. Laguna. Batu-batu. Satu-satu kamu kan tahu. Nikmati saja sebagai pengganti senyum kakek nenek yang tak bisa kita temui setiap hari.

Belajarlah dari sini. Dari alam yang memberikan banyak arti. Berlakulah dengan pekerti. Di situ kamu kan temukan surga yang tersembunyi. Seperti tempat ini, kukenalkan kamu dengannya, Wedi Ombo. Pasir yang luas, di tempat terjauh untuk disinggahi, yang kan mengajakmu bercengkrama dengan harmoni.


Jangan pernah takut, Biya. Topanganku tak kan pernah berhenti hanya di satu langkah. Mungkin memang berliku untuk menjadi sesuatu, tapi satu dua tanjakan tak kan membawamu pada kehancuran. Maka bersabarlah untuk menemui keindahan.

Kalau kau besar, pijaklah tempat-tempat seperti ini. Gunung Kidul punya banyak cerita tentang kehidupan. Dari kaki-kaki para peladang, dari senyuman warga yang meneduhkan, dari jamuan keluarga yang kembali pulang sebelum petang. Nikmatilah setiap angin kering yang meniup wajahmu. Daun-daun yang bergelayut menyapa pesisir, dan karang-karang yang menyembul dari air laut yang kerap menyingkir.


Pergilah sesekali, sendiri. Menghadiahi diri dengan kontemplasi. Maka kamu akan temukan bagian terpenting untuk diperbaiki.

Kelak, kita susuri lagi kota ini. Kita cari lagi pelajaran baru yang indah. Tempat melarungkan segala resah dan gundah. Jangan ingat-ingat soal lelah, karena sejatinya surga tak bisa dicapai dengan cara yang mudah..
-

Yogyakarta, 2017.

Komentar